Saturday, June 30, 2007

SOLARTRONIC

ANALISA LAPORAN BULAN JANUARI 1984
SECARA UMUM

Penurunan laba

Tampilan 1 memperlihatkan penurunan laba sebesar $20.000 dibandingkan dengan laba yang direncanakan semula. Penyebab penurunan laba adalah adanya varian yang merugi yaitu : tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik variabel, dan biaya overhead pabrik tetap – volume dimana tak dapat diimbangi dengan varian yang menguntungkan seperti : bahan langsung dan biaya overhead pabrik tetap – dibelanjakan.
Penurunan laba akibat selisih varian tersebut juga tidak dapat diimbangi dengan tingkat penjualan yang memuaskan. Penurunan tingkat penjualan disebabkan penurunan normal musiman, walaupun telah dilakukan pengurangan produksi untuk membantu menurunkan level inventaris.

Laporan pemasukan

Metode yang digunakan dalam laporan pemasukan adalah penentuan harga pokok penuh yang memerinci biaya menjadi 2 (dua) yaitu :
1. biaya produksi
a. tenaga kerja langsung 420.000
b. bahan baku langsung 780.000
c. overhead pabrik
- tetap 420.000
- variabel 360.000
----------
1.980.000
2. biaya non produksi
a. pengeluaran penjualan 420.000
b. biaya usaha umum 240.000
----------
660.000

SECARA KHUSUS

Secara lebih khusus adanya varian-varian yang merugikan karena adanya perbedaan dengan standar yang telah ditetapkan dengan biaya-biaya yang terjadi sesungguhnya.

Tenaga kerja langsung
Ada 2 (dua) faktor yang mempengaruhi tenaga kerja langsung, yaitu :
- standar tarip upah langsung
- standar waktu (jam) kerja langsung

a. Standar tarip upah langsung
Varian yang merugi karena perusahaan telah membayar upah langsung dengan tarip yang lebih tinggi dibandingkan dengan tarip upah langsung standar. Beberapa kemungkinan penyebab adanya perbedaan tersebut adalah :
1. Telah digunakannya tarip upah yang berbeda dengan standar upah pekerjaan tertentu
2. Upah yang lebih besar dibandingkan tarip standar
3. Karyawan baru yang diterima tidak dibayar sesuai tarip standar
4. Kenaikan pangkat yang mengakibatkan perubahan tarip upah

b. standar waktu (jam) kerja langsung
Varian yang merugi karena telah digunakannya waktu kerja yang lebih besar dibanding waktu standar, yaitu :
1. Departemen produksi telah bekerja secara tidak efisien karena pengawasan terhadap tenaga kerja kurang baik.
2. Telah digunakannya bahan dengan kualitas yang lebih jelek sehingga memerlukan waktu pengerjaan yang lebih panjang
3. Kurangnya koordinasi antar departemen produksi

Bahan baku langung
Ada 2 (dua) faktor yang mempengaruhi bahan baku langsung, yaitu :
- Selisih harga
- Selisih kuantitas

Bahan baku yang menguntungkan karena perusahaan telah membeli bahan baku lebih rendah dibandingkan dengan standar yang disebabkan adanya selisih harga dan selisih kuantitas

a. Selisih harga
Varian yang menguntungkan yang disebabkan oleh selisih harga, yaitu :
1. Adanya fluktuasi harga pasar
2. Kontrak jangka panjang yang menguntungkan
3. Pembelian dari pemasok yang lokasinya menguntungkan
4. Pembelian dalam jumlah yang ekonomis
5. Dapat memanfaatkan kesempatan potongan pembelian
6. Kurangnya factor-faktor internal yang mengakibatkan pembelian bahan baku yang mendadak (rush purchase) karena danya perencanaan yang baik

b. Selisih kuantitas
Selisih kuantitas bahan baku yang menguntungkan karena kuantitas bahan baku yang dipakai lebih kecil dibandingkan dengan kuantitas standar di dalam pengolahan produk, yaitu
1. Perubahan dalam rancangan produk, mesin, peralatan atau metode pengolahan produk yang lebih baik dan lebih kecil dari standar sehingga terjadi selisih kuantitas bahan baku yang lebih kecil.
2. Pemakaian bahan baku substitusi yang menguntungkan
3. Pengawasan yang lebih baik terhadap karyawan
4. Memadainya kondisi peralatan dan mesin
5. Pengaturan mesin dan peralatan yang lebih baik

Biaya Overhead Pabrik (BOP)

Yang menyebabkan adanya varian pada biaya overhead pabrik adalah elemen-elemen biaya overhead pabrik baik tetap maupun variabel. Biaya ini dapat dianalisa melalui :
- Selisih kapasitas
- Selisih anggaran
- Selisih efisensi

a. Selisih kapasitas
BOP variabel disebabkan adanya selisih kapasitas pabrik secara keseluruhan. Varian ini merugi berarti sebagian kapasitas normal yang tersedia tidak dipakai atau menganggur. Hal ini berhubungan dengan elemen BOP tetap. Penyebabnya secara umum berasal dari luar perusahaan (eksternal) yang umumnya tidak dapat dikendalikan oleh departemen dimana timbul selisih tersebut, sehingga selisih kapasitas ini menjadi tanggng jawab manajemen puncak.

b. Selisih anggaran
Umumnya terjadi pada elemen-elemen BOP, yaitu perbedaan antara BOP yang sesungguhnya dengan BOP yang dianggarkan pada kapasitas sesungguhnya. Selisih anggaran ini dapat dikendalikan oleh departemen dimana timbul selisih.


c. Selisih efisiensi
yaitu perbedaan antara kapasitas standar dengan kapasitas sesungguhnya yang dipakai untuk mengolah produk dikalikan tarip total overhead pabrik. Penyebab selisih efisiensi adalah elemen BOP tetap dan elemen BOP variabel yang menunjukkan kinerja perusahaan secara efisiensi atau tidak. Berdasarkan patokan efisiensi ini, maka BOP akan menguntungkan bila kapasitas yang sesungguhnya lebih kecil dengan kapasitas seharusnya (standar)

Dari penyebab berbagai varian dari elemen biaya diatas, maka beberapa hal yang menyebabkan keuntungan rata-rata hanya $30.000 dapat dijelaskan sebagai berikut.

1. Mengacu tampilan 1, bila biaya manufaktur, biaya penjualan dan biaya usaha umum dapat dilaksanakan selama satu tahun dengan patokan biaya yang terjadi pada bulan Januari 1984, maka dari perhitungan keuntungan rata-rata bulanan dapat mencapai $76.600 dengan penjualan sebesar $3.000.000, dengan perhitungan sebagai berikut.

Penjualan 3.000.000
Dikurangi :
- Biaya manufaktur ……………………… 108.900 x 12 1.306.800
- Biaya umum + pengeluaran penjualan
+ varian operasi yang merugi ….. 64.500 x 12 774.000

Jumlah 2.080.800
919.200
Laba rata-rata perbulan (919.200 / 12) 76.600

2. Penjualan yang telah dilakukan rata-rata naik sebesar $85.000 perbulan bila dibandingkan dengan penjualan Januari 1984 yang disetahunkan
Perhitungan :
Penjualan yang terjadi perbulan tahun 1984 : 3.000.000/12 250.000
Penjualan Januari 1984 165.000
Selisih 85.000
Tambahan penjualan tersebut menaikkan biaya perbulan sebesar $56.100 ( 1.980.000/12 dikurangi 108.900). Hal yang sama, pada pengeluaran penjualan dan biaya usaha umum telah terjadi penambahan masing-masing sebesar $102.000 dan $24.000.

3. Ternyata operasi pada proses manufaktur tidak dapat menghasilkan varian yang menguntungkan. Jika biaya manufaktur dapat ditekan dibawah standar yang telah ditetapkan atau minimal dengan patokan bulan Januari 1984, maka akan menghasilkan varian yang menguntungkan dan laba bulanan lebih dari $76.600 atau minimal sama.

Analisa kinerja perusahaan pada satu bulan pertama dapat dibandingkan untuk memperkirakan pelaksanaannya dalam satu tahun. Perbandingan tersebut tidak terlalu dipengaruhi oleh penyimpangan yang terjadi dalam satu bulan, hal itu tidak menjadi masalah bagi perusahaan.
Beberapa alasan yang nyata antara lain :
1. Kinerja aktual pada awal tahun tersebut dapat diperbaiki pada bulan-bulan selanjutnya dengan melakukan standar evaluasi. Sebagaimana beberapa penyebab pada masing-masing varian biaya yang disebutkan diatas, maka untuk memenuhi target laba tahunan yang diharapkan dapat dilakukan dengan mengubah beberapa kebijakan seperti : kebijakan dalam pembagian deviden, kebijakan pengeluaran, kebijakan untuk mendapatkan tambahan kas, dan kebijakan pengeluaran atau meningkatkan penjualan secara bertahap.
2. secara manajerial, dengan menematkan beban nyata kepada para manajer unit bisnis dan menunjukkan kecenderungan yang tidak berkesinambungan atau tidak menentu dalam hal jumlah produksi, margin laba, dan biaya, maka para manager bisnis akan berusaha membuat estimasi yang realistis, walaupun sulit untuk dilakukan, sehingga manajer unit bisnis akan cenderung untuk optimis terhadap kinerja bulan-bulan mendatang.
3. dengan pelaporan kinerja actual yangbaik, maka akan memudahkan dalam membuat analisa keuangan.

Maka dalam menganalisa varian untuk menunjukkan kinerja keuangan tahunan sebaiknya dilengkapi dengan :
1. penjelasan naratif bersamaan dengan laporan kinerja. Karena dalam laporan kinerja tidak menjelaskan mengapa varian tersebut muncul dan tindakan apa yang telah diambil untuk mengatasinya.
2. penggunaan teknik statistika jika proses produksi dilakukan berulang secara teratur.


DATA ANALISA PERBANDINGAN KINERJA PERUSAHAAN

Beberapa data tambahan yang berguna untuk menganalisa kinerja perusahaan adalah :
1. Penjelasan varian, yang meliputi :
a. selisih biaya bahan baku, yang meliputi :
- selisih harga bahan baku dibeli
- selisih harga bahan baku dipakai
- selisih kuantitas komposisi yang dipakai
- selisih hasil bahan baku
b. selisih biaya tenaga kerja langsung
- selisih tarip upah langsung
- selisih efisiensi upah langsung
- selisih hasil upah langsung
c. selisih BOP
- selisih anggaran
- selisih kapasitas
- selisih efisiensi
d. data biaya usaha umum yang meliputi biaya pemasaran dan biaya administrasi umum

2. Dari penjelasan varian diatas dapat dibuat suatu jurnal transaksi dan laporan pemasukan

Data-data tersebut menjelaskan secara rinci penyebab terjadinya berbagai varian dan bagian mana yang bertanggung jawab. Tanpa data-data tersebut manajemen puncak tidak dapat mengetahui adanya operasi yang merugi sehingga tidak dapat diambil tindakan untuk mengatasidi bulan-bulan mendatang.

















SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN

ANALISIS LAPORAN KINERJA KEUANGAN
SOLARTRONIC INC
























Oleh :
Ahmad Labib 03911066
Triskha Nur Afiani 03911069
Dedi Rahmanto 03911070













MAGISTER MANAJEMEN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
YOGYAKARTA

No comments: